R. Endra S. Atmawidjaja, Profil ASN Yang Patut Diteladani

  • Whatsapp
R. Endra Saleh Atmawidjaja, S.T., M.Sc., DEA, Staf Ahli Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Kementerian PUPR

Jakarta, rajawalionline – Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengemban tugas menyebarluaskan informasi yang transparan dan akuntabel. Dibawah Pimpinan R. Endra S Atmawidjaja, kehumasan Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR selalu dalam posisi siap dalam menyampaikan informasi dan menghadapi respon yang tidak selalu positif.

Dalam menyampaikan informasi, dilakukan dengan cara yang kreatif melalui kanal komunikasi yang mudah dijangkau seperti media massa dan media sosial. Mulai tahun 2016, Endra mengemban tugas sebagai Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR. Kegigihan dan Kerja kerasnya dalam bekerja, mendapatkan apresiasi dari Menteri PUPR M Basuki Hadimuljono.

“Menurut saya beliau profil dari aparatur sipil negara (ASN) yang patut diteladani dalam arti sikap perilakunya, disiplinnya, kepatuhannya, dan kinerjanya. Komunikasi publik Kementerian PUPR ini menjadi salah satu dari enam kementerian yang sangat popular dan sistem pelayanan publik yang sangat inovatif,” kata Menteri PUPR memberikan apresiasinya.

Senada dengan Menteri Basuki, Pakar Tata Kota/Sosiolog Yayat Supriatna mengatakan, Endra memiliki kemampuan untuk mengomunikasikan sesuatu dengan baik. “Capaian yang menarik dari beliau itu adalah mampu mengomunikasikan. Serumit apapun pekerjaan itu, ia mampu mengomunikasikan secara terbuka. Kemudian jejaringnya itu luar biasa,” Kata Yayat menyampaikan kajiannya.

Menurut Yayat, dalam menjawab tantangan dinamisnya perkembangan teknologi komunikasi, situasi dan kondisi sosial politik serta beragamnya stakeholder, Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR mampu melakukan inovasi Integrated Communication Strategy yang menyinergikan berbagai sumber daya, saluran, dan teknologi komunikasi dalam pelaksanaan berbagai kegiatan komunikasi publik. Antara lain, hubungan media, media sosial, publikasi, dan layanan informasi.

Bukan hanya itu, Endra terus melakukan Implementasi dimulai dari menyinergikan alur komunikasi di lingkungan Kementerian PUPR, dimana Biro Komunikasi Publik selaku koordinator di level komunikasi publik berkoordinasi dengan fungsi komunikasi publik di level unit organisasi dan level balai membentuk jejaring kerja untuk penyelenggaraan komunikasi publik baik di tingkat lokal/daerah maupun di tingkat nasional.

Selanjutnya, Endra melakukan langkah sinergi dalam hal manajemen isu dan opini publik. Evaluasi program komunikasi publik pada periode sebelumnya serta monitoring program komunikasi pada tahun berjalan menjadi dasar untuk perencanaan strategi komunikasi yang memadukan berbagai platform dan aktivitas komunikasi dalam membangun opini publik yang positif terhadap Kementerian PUPR.

Diikuti dengan inovasi Integrated Communication Strategy terkait penyelenggaraan aktivitas komunikasi publik yang meliputi press release yang inovatif dan responsif, strategi pengembangan konten pada akun media sosial Kementerian PUPR, perencanaan dan monitoring komunikasi berbasis data riset, pembangunan call center dan mal pelayanan publik, penggunaan podcast dan TikTok, pedoman aplikasi identitas visual dan batik Kementerian PUPR, serta pameran virtual pembangunan infrastruktur.

Selain itu, Endra Juga telah menorehkan beberapa langkah lanjutan dalam Integrated Communication Strategy yang telah diimplementasikan. Saat ini, Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR tengah dalam proses pembuatan dan penayangan berbagai konten kreatif digital diantaranya News Video, Web Series, dan Documentary Video untuk digunakan dan disebarluaskan melalui berbagai kanal komunikasi yang dimiliki maupun melakukan kerjasama dengan media nasional. Biro Komunikasi Publik saat ini juga dalam proses mengoptimalkan TV PUPR yang merupakan TV streaming berbasis internet.

Saat ini, R. Endra S Atmawidjaja telah mendapat posisi jabatan Baru, yakni Pejabat Pimpinan Tinggi Madya Staf Ahli Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan di Kementerian PUPR yang dilantik pada tanggal 22 Desember 2020 yang lalu.

(Red)

Related posts