Terima Kunjungan Dubes Rumania, Wagubsu Promosikan Berbagai Potensi Untuk Kerjasama

  • Whatsapp
Wagubsu, Musa Rajekshah saat msnyambut baik kunjungan Dubes Rumania, Dan Adrian Balanescu. Foto : ( Istimewa).

rajawalionline – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah (Ijeck) menyambut baik Kedutaan Besar (Kedubes) Rumania untuk Indonesia Dan Adrian Balanescu saat melakukan kunjungan ke Kantor Gubernur Sumatera Utara (Sumut) di Jalan Diponegoro Nomor 30, Medan, Selasa, (5/07/22).

Kunjungan Dan Adrian Balanescu mewakili Pemerintah Rumania dalam rangka untuk mengenal lebih dekat potensi yang dimiliki Provinsi Sumut, sembari menjajaki kerja sama apa yang dapat dilakukan.

Read More

“Saya baru sampai di Kota Medan pagi tadi, saya melihat kondisi perkotaan Medan banyak bangunan bagus. Kehadiran saya untuk melihat potensi apa yang dimiliki Kota Medan dan Sumatera Utara dan mengenalkan potensi yang dimiliki Rumania,” kata Dan Adrian Balanescu atau yang akrab disapa Mr Balanescu.

Dubes Rumania, Dan Adrian Balanescu saat melakukan dialognya dengan Wagubsu, Musa Rajekshah dan pejabat Pemerintahan Provinsi Sumut. Foto : (Istimewa).

Mr Balanescu mengutarakan bahwa ia memahami betul Provinsi Sumut yang memiliki potensi yang luar biasa di bidang pariwisata dan industri.

“ Saya memahami betul potensi yang dimiliki Sumut mulai dari wisata dan sektor industrinya. Rumania juga punya potensi yang bagus dan kuat dalam dunia otomotif, pendidikan dan wisata karena di Rumania banyak pegunungan dan pemandangan yang bagus,” tuturnya.

Dubes Rumania juga sempat menanyakan kepada Wagubsu terkait perguruan tinggi yang ada di Sumut dan jurusan terbaik yang dimiliki masing-masing perguruan tinggi tersebut. Balanescu berharap ke depan bisa menjalin kerja sama di berbagai bidang dengan Provinsi Sumut.

Dalam kesempatan tersebut, Wagubsu mengenalkan berbagai potensi yang dimiliki Sumut mulai dari pariwisata, budaya, hasil pertanian hingga pendidikan, kepada Dubes Rumania.

Ijeck menyampaikan bahwa Sumut telah melakukan kerja sama dengan Rumania di bidang perdagangan.

“ Saat ini Kita Sumatera Utara telah mengekspor turunan kelapa sawit yakni margarin ke Rumania sebesar 70 ton per tahun. Selain itu juga ada kayu manis,” ujar Ijeck.

Menurut Ijeck, peluang berinvestasi di Sumut sangat terbuka lebar, karena Pemprov Sumut mempunyai strategi untuk meningkatkan iklim investasi positif, khususnya di sektor Infrastruktur.

“ Sumut punya Pelabuhan Kuala Tanjung sebagai Pelabuhan Hubungan Internasional yang akan diintegrasikan dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei. Saat ini juga sedang proses pembangunan jalur Kereta Api Sei Mangkei-Kuala Tanjung. Selain itu, ada juga Pelabuhan Belawan untuk aktivitas perdagangan domestik,” jelas Ijeck.

Selain itu, lanjut Ijeck, provinsi Sumut juga menjadi produsen minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) terbesar kedua di Indonesia setelah Kalimantan.

“ Komoditas ekspor utama di Sumatera Utara ditopang oleh CPO,” terang Ijeck.

Mengenai pendidikan, Ijeck menerangkan bahwa di Sumut ada Universitas Sumatera Utara (USU) dengan jurusan favorit kedokteran, ada juga universitas swasta yang memiliki jurusan kedokteran.

“ USU yang paling diminati itu ada Fakultas Kedokteran dan banyak mahasiswa asing mayoritas dari Malaysia, Jepang dan India. Kalau waktu Mr Balanescu panjang di Medan nanti saya akan mempertemukan dengan Rektor USU.” ucap Ijeck.

Wagubsu berharap kerja sama bilateral Provinsi Sumut dengan Rumania bisa terus ditingkatkan baik di bidang ekonomi, perdagangan, investasi, pariwisata, pendidikan dan lainnya.

(Red)

Related posts