Dukung Ekonomi Nasional, Wagubsu Minta Penyelesaian JTTS Kisaran-Rantauprapat-Dumai Di Percepat

  • Whatsapp
Wagubsu, Musa Rajekshah (tengah kanan), Muhammad Jusuf Hamka (tengah kiri), wakil ketua DPRD Sumut dan pihak berkepentingan lainnya. Foto : (Istimewa).

rajawalionline – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah (Ijeck) meminta kepada pihak terkait untuk penyelesaian Jalan Tol Sumatera Khususnya Kisaran-Rantauprapat-Dumai agar di percepat. Hal ini berkaitan dengan ekonomi yang menjanjikan dalam perkembangan industri agribisnis.

“ Saya meminta dan mengusahakan percepatan pembangunan Jalan Tol Sumatera, khususnya Kisaran- Rantauprapat- Dumai. Alasannya karena ruas ini memiliki nilai ekonomi yang sangat menjanjikan. Apalagi ruas ini merupakan koridor industri agribisnis, terutama untuk Crude Palm Oil (CPO), “ Kata Ijeck dalam keterangan tertulisnya, jumat, (22/07/22).

Read More

Menurutnya, tersambungnya ruas tol tersebut memiliki multiplier effect yang sangat besar untuk memenuhi kebutuhan ekspor nasional.

“ Dengan tersambungnya ruas ini maka multiplier effectnya sangat besar. Terutama untuk penguatan jalur pasok CPO yang akan memenuhi kebutuhan nasional dan ekspor yakni melalui Pelabuhan Belawan dan Dumai, “ terang Ijeck.

Ia menambahkan, permintaan tersebut sudah dibicarakan kepada pihak yang berkompetan. Tujuannya untuk mempercepat perkembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan pelabuhan.

“ Bukan hanya itu, bersama Wakil Ketua DPRD Sumut, Bang Harun Mustafa Nasution, Bang Irham Buana Nasution dan Bang Dody Taher, saya juga bertemu dan berbicara pada Pak Jusuf Hamka, Pemilik PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) dan Bapak Ferry Akbar Pasaribu, Asisten Deputi (Asdep) Strategi dan Kebijakan Percepatan Investasi Kemenko Marves, bahwa jika tol ruas ini tersambung, maka Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei dan Pelabuhan Kuala Tanjung serta Pelabuhan Dumai juga semakin berkembang, “ papar pria yang hobby balap rally itu.

Selanjutnya, wagubsu akan melakukan pertemuan lanjutan dengan pemangku kepentingan terkait penuntasan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

“ Untuk itu ke depan, saya juga akan melakukan pertemuan lanjutan dengan beberapa pemangku kepentingan terkait seperti Kementerian PUPR, Kementerian Keuangan, Kementerian BUMN dan PT. Hutama Karya yang ditunjuk oleh pemerintah untuk menuntaskan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) tersebut, “ Pinta Ijeck.

(Red)

Related posts