Ada 25 Kegiatan Terkontrak Di Progres Pembangunan IKN, Simak Paparan Menteri PUPR

Menteri PUPR M Basuki Hadimuljono (Tengah) saat membuka Acara Kontruksi Imdonesia 2022. Foto : (Istimewa).

rajawalionline – Dalam rapat kerja bersama dengan anggota Komisi V DPR RI, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) M Basuki Hadimuljono membeberkan progres pembangunan infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) periode 2022-2024.

“ IKN ini memang kita sudah mulai pembangunannya pada 2022 ini. Pembangunan prasarana dasarnya yaitu di kawasan inti pembangunan pusat pemerintahan di wilayah perencanaan 1A di titik nol IKN, ” Kata M Basuki Hadimuljono di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Senin, (28/11/2022).

Read More

Basuki menjelaskan, pembangunan infrastruktur itu berupa jalan tol Balikpapan-Banjarmasin menuju ke Jembatan Pulau Balang. Kemudian menyiapkan air baku melalui intake Sungai Sepaku dengan menyelesaikan Bendungan Sepaku Semoi yang juga membantu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyiapkan pusat persemaian atau nurserinya.

Menteri PUPR M Basuki Hadimuljono saat meninjau Pameran Kontruksi Indonesia 2022. Foto : (Istimewa).

Menurut Basuki, ruas jalan di kawasan land development dan beberapa perkantoran akan mulai dibangun bulan ini. Untuk pelaksanaan lelang pada 2022, pembangunan tersebut di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) termasuk di luarnya zona 1A.

“ Pelaksaan pembangunan di kawasan KIPP di zona 1A sebanyak 25 kegiatan yang telah terkontak sampai dengan minggu keempat November, ” papar Basuki.

Adapun rinciannya, terdiri dari empat kegiatan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Air senilai Rp 1,08 triliun. Di dalamnya termasuk pembangunan Bendungan Sepaku Semoi yang progresnya 78,7 persen.

“ Mudah-mudahan Desember ini sudah bisa diselesaikan,” Ujar Menteri yang hobby menabu dram itu.

Basuki menambahkan, intake dan jaringan pipa transmisi Sungai Sepaku untuk air baku progresnya 47,2 persen. Serta penyediaan air baku Persemaian Mentawir untuk mendukung KLHK yang progresnya baru 45,9 persen.

Untuk Direktorat Jenderal Bina Marga ada 12 kegiatan senilai Rp 8,71 triliun. Di antaranya pembangunan Jalan Lingkar Sepaku dengan progres 45,7 persen, Jalan Tol IKN progresnya baru 1 persen, Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat sebesar 1 persen, Jalan Simpang ITCI sampai Jalan Simpang Riko 66,4 persen, dan Jalan Simpang Riko ke Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek sebesar 58,8 persen, termasuk pengadaan jembatan panel tahap kedua.

“ Selain itu ada empat kegiatan lainnya dari binar marga yakni senilai Rp Rp 1,59 triliun yakni pembangunan akses Persemaian Mentawir, Dermaga Logistik di Teluk Balikpapan,” terang Basuki.

Sementara, lanjut Basuki, yang dikelola Direktorat Jenderal Cipta Karya ada 5 kegiatan senilai Rp 4,66 triliun. Kegiatannya untuk penyiapan land development KIPP tahap 1 dan 2 membuat kavling-kavling dengan menggunakan beberapa pohon.

“ Sehingga dengan land development ini, kita tahu mana lokasi perkantoran masing-masing kementerian dan kepresidenan serta wakil presiden, ” tambahnya.

Selain itu, juga ada pembangunan perumahan sebanyak 22 Tower untuk hunian pekerja konstruksi. Dari angka tersebut 7 tower sedang dikerjakan dengan progres 36,8 persen.

“ Jadi metode kerja nanti di IKN para pekerja konstruksi tidak boleh membuat bedeng-bedeng sendiri, semua hunian tower-tower ini untuk seluruh pekerja konstruksi, ” ucapnya.

Kegiatan dari cipta karya lainnya bulan ini sedang dibangun embung dengan total 19 embung. Fungsinya pada saat proses konstruksi untuk menampung bukaan tanah agar tidak menggangu reparing di sekitarnya.

Bukan hanya itu, ada 12 kegiatan dengan nilai Rp 7,08 triliun yaitu pembangunan instalasi penjernihan air dan pendukung SPAM sepaku. Termasuk pembangunan tempat pengolahan sampah terpadu, penataan sumbu kebangsaan tahap I, dan bangunan gedung serta kawasan kantor kementerian koordinator.

“ Ada empat kantor kementerian koordinator yang dibangun dengan kegiatan tahun 2022-2024 ini. Untuk perumahan tadi akan dibangun pembangunan rumah dinas di KIPP IKN senilai Rp 510 miliar, ” tandas Menteri yang punya segudang bakat seni itu.

(Red)

Related posts