Prof Dr Mahfud MD : Demokrasi dan integrasi sama pentingnya bagi kelangsungan negara

  • Whatsapp
Prof Dr Mahfud MD

Jakarta, rajawalionline – Melalui akun Twitter resminya, @mohmahfudmd, Jumat (8/1/2021), Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof Dr Mahfud MD menyampaikan, ada dilema dalam upaya menyeimbangkan antara demokrasi dan integrasi dalam kehidupan bernegara. Dia menautkan salah satu opininya ini di sebuah harian nasional berbahasa Inggris terkait tema tersebut.

Mahfud mengutarakan, Demokrasi dan integrasi sama pentingnya bagi kelangsungan negara. Dilema dalam kehidupan bernegara itu timbul bila porsi antara demokrasi dan integrasi terlalu dominan.

“Inilah dilemma: Jika demokrasi terlalu longgar maka integrasi terganggu. Jika integrasi terlalu ditonjolkan maka demokrasi yg terpasung,” tulis mahfud dalam unggahan nya.

Menurutnya, sudah menjadi tugas bersama bagi semua pihak di masyarakat untuk menjaga keseimbangan tersebut. Dengan begitu, baik demokrasi maupun integrasi bisa tumbuh subur di negara ini.

“Demokrasi dan integrasi sama pentingnya bagi kelangsungan negara. Tugas kita menjaga keseimbangan agar keduanya subur,” jelas nya.

Saat berita ini diturunkan, unggahan tersebut sudah disukai lebih dari 300 pengguna Twitter dan lebih dari 60 kali diunggah ulang (Retweet). Unggahan itu pun mendapatkan respons dari kurang lebih 130 pengguna Twitter.

(Red)

Related posts